Sunday, December 3, 2017

Alat Optik Mikroskop

Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar tampak jelas dan besar. Mikroskop terdiri atas dua buah lensa cembung. Lensa yang dekat dengan benda yang diamati (objek) disebut lensa objektifdan lensa yang dekat dengan pengamat disebut lensa okuler. Bayangan yang terbentuk bersifat nyata, terbalik dan diperbesar. Bayangan yang dibentuk lensa objektif merupakan benda bagi lensa okuler.

Bagian-bagian mikroskop


Penggunaan Mikroskop untuk Mata Berakomodasi Maksimum


Pada mikroskop, lensa okuler berfungsi sebagai lup. Pengamatan dengan mata berakomodasi maksimum menyebabkan bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif harus terletak di ruang I lensa okuler (di antara Ook dan fok). Hal ini bertujuan agar bayangan akhir yang dibentuk lensa okuler tepat pada titik dekat mata pengamat. Lukisan bayangan untuk mata berakomodasi maksimum dapat dilihat pada gambar dibawah :
Mikroskop untuk mata berakomodasi maksimu
Secara matematis perbesaran bayangan untuk mata berakomodasi maksimum dapat ditulis sebagai berikut.
Rumus perbesaran bayangan mikroskop mata berakomodasi max
Panjang mikroskop

Penggunaan Mikroskop untuk Mata Tak Berakomodasi
Agar mata pengamat dalam menggunakan mikroskop tidak berakomodasi, maka lensa okuler harus diatur/digeser supaya bayangan yang diambil oleh lensa objektif tepat jatuh pada fokus lensa okuler. Lukisan bayangan untuk mata tak berakomodasi dapat dilihat pada gambar dibawah:
Mikroskop untuk mata tak berakomodasi
Perbesaran bayangan pada mata tak berakomodasi dapat ditulis sebagai berikut.
Rumus perbesaran bayangan mikroskop mata tak berakomodasi
Panjang mikroskop
Contoh soal
Sebuah benda berada pada jarak 2,5 cm di depan lensa objektif yang berfokus 2 cm. Bila fokus lensa okuler 10 cm dan jarak antara lensa objektif dan lensa okuler 14 cm, maka hitunglah (a) perbesaran mikroskop total dan (b) perbesaran mikroskop bila mata berakomodasi maksimum!
Penyelesaian

Gabung juga di Fanspage kami di Facebook : Menu Pengetahuan


EmoticonEmoticon