Sunday, December 3, 2017

Alat Optik Kaca Pembesar (Lup)

Alat Optik Lup

Lup atau kaca pembesar adalah alat optik yang terdiri atas sebuah lensa cembung. Lup digunakan untuk melihat benda-benda kecil agar nampak lebih besar dan jelas. Lup terbuat dari sebuah lensa cembung, sehingga persamaan lup sama dengan persamaan lensa cembung. Sifat bayangan yang dihasilkan lup adalah maya, tegak, dan diperbesar. Ada 2 cara dalam menggunakan lup, yaitu dengan mata berakomodasi dan dengan mata tak berakomodasi. Pada kehidupan sehari-hari, lup biasanya digunakan oleh tukang arloji, pedagang kain, pedagang intan, polisi, dan sebagainya.

Perbesaran Bayangan (M) Mata Berakomodasi

Pembentukan bayangan pada lup untuk mata berakomodasi maksimum
Untuk mata normal dan berakomodasi maksimum, bayangan yang terbentuk berada pada jarak baca normal yaitu 25 cm, sehingga perbesaran bayangan (M) yang dibentuk lup yaitu :
Rumus perbesaran bayangan lup untuk mata berakomodasi max

Perbesaran Bayangan (M) Mata Tak Berakomodasi

Pembentukan bayangan pada lup untuk mata tak berakomodasi
Untuk mata tak berakomodasi, bayangan terbentuk di tak terhingga sehingga perbesaran bayangan yang dibentuk lup untuk mata tak berakomodasi adalah sebagai berikut :
Rumus perbesaran bayangan lup untuk mata tak berakomodasi

Contoh soal

Sebuah lup berfokus 5 cm digunakan untuk mengamati benda yang panjangnya 2 mm. Tentukan (a) panjang bayangan benda apabila mata tak berakomodasi dan (b) mata berakomodasi maksimum!
Penyelesaian
Bagiaimana dengan materinya? Gabung juga di Fanspage kami di Facebook : Menu Pengetahuan


EmoticonEmoticon