Thursday, November 23, 2017

Gerak Melingkar Beraturan - Hubungan antara Kecepatan Sudut dengan Kecepatan Linear

Gerak Melingkar Beraturan (GMB)
Gerak melingkar beraturan adalah gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran dengan laju konstan dan arah kecepatan tegak lurus terhadap arah percepatan. Sifat- sifat dari gerak melingkar adalah percepatan sudut adalah nol dan kecepatan sudutnya tetap. Benda yang bergerak GMB juga memiliki kecepatan linier. Bagaimana sifat kecepatan linier (v) itu? Untuk memahami sifat vini kalian dapat perhatikan Gambar dibawah :

Pada gambar itu ditunjukkan adanya benda yang bergerak melingkar dengan beberapa posisinya. Pada setiap posisi arah kecepatan selalu berubah. Sedangkan besarnya tetap karena ω = tetap. Ingat v= ωR. Berarti kecepatan benda yang bergerak melingkar selalu berubah dan untuk gerak GMB besar kecepatannya (lajunya) tetap. 

Hubungan antara kecepatan sudut (ω) dengan kecepatan linear (v) 
Adakah hubungan antara besaran sudut dan besaran linier yang bersesuaian? Contohnya kecepatan (linier) dengan kecepatan sudut. Kedua besaran tersebut ternyata memiliki hubungan secara matematis. Hubungan-hubungan itu dapat kalian cermati pada penjelasan berikut.

Partikel yang bergerak menempuh jarak S dan perubahan posisi sudutnya θ. Secara matematis kedua besaran itu memenuhi hubungan S = θR atau S = 2πR. Dari hubungan ini dapat ditentukan hubungan kecepatan linier dan kecepatan sudut sebagai berikut.
Contoh soal.
Suatu benda bergerak melingkar beraturan dengan radius lintasannya 100 cm. Benda ini berputar 5 kali dalam waktu 15 menit. Hitunglah: 1) periode putaran benda, 2) kecepatan sudut benda, dan 3) kecepatan linear benda.
Penyelesaian


EmoticonEmoticon