Sunday, December 10, 2017

Suhu | Pengertian & Konversi Termometer

Suhu

Coba Anda sentuh es batu. Terasa dingin, bukan? Coba pegang lampu bolam yang sedang menyala. Terasa panas, bukan? Derajat panas atau dingin yang dialami kedua benda tersebut dinamakan suhu. Suhu dapat dirasakan oleh tangan Anda melalui syaraf yang ada pada kulit dan diteruskan ke otak, sehingga Anda menyatakan panas atau dingin. Namun, kulit kita tidak dapat dijadikan sebagai alat ukur suhu suatu.

Termometer

Termometer
Alat yang dapat mengukur suhu suatu benda disebut termometer. Termometer bekerja dengan memanfaatkan perubahan sifat-sifat fisis benda akibat perubahan suhu. Termometer berupa tabung kaca yang di dalamnya berisi zat cair, yaitu raksa atau alkohol. Pada suhu yang lebih tinggi, raksa dalam tabung memuai sehingga menunjuk angka yang lebih tinggi pada skala. Sebaliknya, pada suhu yang lebih rendah raksa dalam tabung menyusut sehingga menunjuk angka yang lebih rendah pada skala. Terdapat empat skala yang digunakan dalam pengukuran suhu, yaitu skala Celcius, Fahrenheit, Reamur, dan Kelvin.
Lord Kelvin
Sedikit mengulas tentang skala Kelvin. Tahukah kamu siapakah yang menetapkan skala Kelvin? Skala Kelvin ditetapkan oleh fisikawan Inggris Lord Kelvin. Skala Kelvin memiliki satuan Kelvin (disingkat K, bukan °K). Pada skala Kelvin, tidak ada skala negatif karena titik beku air ditetapkan sebesar 273 K dan titik didih air ditetapkan sebesar 373 K. Hal ini berarti suhu 0 K sama dengan -273°C. Suhu ini dikenal sebagai suhu nol mutlak. Para ilmuwan yakin bahwa pada suhu nol mutlak, molekulmolekul diam atau tidak bergerak. Dengan alasan inilah skala Kelvin sering digunakan untuk keperluan ilmiah. Skala Kelvin merupakan satuan internasional untuk temperatur.

Konversi Termometer

Terkadang nilai suhu dinyatakan ke salah satu skala termometer, sehingga kita harus mengetahui cara mengkonversi nilai skala termometer ke termometer lainnya. Berikut ke empat termometer tersebut beserta batas atas dan bawah masing-masing.
Macam-macam termometer
Hubungan antara Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut adalah sebagai berikut.
Hubungan antara Celcius dan Reamur
Hub Celcius dan Reamur
Hubungan antara Celcius dan Fahrenheit
Hub Celcius dan Fahrenheit
Hubungan antara Celcius dan Kelvin
Hub Celcius dan Fahrenheit

Contoh soal

Suatu ruangan bersuhu 86 F. Berapakah suhu ruangan tersebut dalam skala Celcius?
Penyelesaian
Tc = 5/9 (F-32)
     = 5/9 (86-32)
     = 30 'C
Suatu suhu di padang pasir sebesar 40 C. Berapa suhu tersebut dalam skala Reamur?
Tr = 4/5 (C)
     = 4/5 (4)
     = 32 'R
Bagaimana mengenai materi Suhu dan Konversi Termometer? Gabung juga di Fanspage kami di Facebook Menu Pengetahuan untuk terus update materi terbaru.


EmoticonEmoticon